top of page
  • Writer's pictureKSM Defensia UPN Veteran Yogyakarta

Kuliah Umum KSM Defensia

Press Release KSM Defensia

Kuliah Umum KSM Defensia - “Pengungsi dan Pelarian di Asia Tenggara, dalam studi kasus Indonesia, Thailand dan Malaysia”


Laboratorium Organisasi Internasional UPN "Veteran' Yogyakarta (27/9/2019) – Telah dilaksanakan Kuliah Umum yang merupakan salah satu program kerja dari KSM Defensia yang di laksanakan di Laboratorium Organisasi Internasional FISIP UPN Veteran Yogyakarta. KSM Defensia merupakan Kelompok Studi Mahasiswa yang berdiri di bawah naungan dari Laboratorium Pertahanan dan Keamanan jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dalam Kuliah Umum kali ini, tema yang diangkat adalah kajian mengenai Human Security, sebuah isu non tradisional dari studi keamanan dan menghadirkan Professor Dr. Zarina Othman, seorang professor dari University Kebangsaan Malaysia yang memiliki ketertarikan penelitian dalam bidang isu-isu non-tradisional sebagai pembicara. Dalam kuliah umum tersebut, Professor Dr. Zarina memberikan kuliah tentang “Pengungsi dan Pelarian di Asia Tenggara, dalam studi kasus Indonesia, Thailand dan Malaysia”.

Kuliah Umum KSM Defensia yang bertajuk “Pengungsi dan Pelarian di Asia Tenggara, dalam studi kasus Indonesia, Thailand dan Malaysia” ini dibuka dengan sambutan langsung dari Ketua Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta, yakni oleh Drs. Muharjono, M.Si., dan dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional dari berbagai angkatan serta para tamu undangan dari berbagai elemen yang ada dalam Himpunan Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional (HIMAHI) UPN “Veteran” Yogyakarta.

Selama dua jam, terhitung sejak pukul 13.00 hingga 15.00, Professor Dr. Zarina menjelaskan bagaimana latar belakang bagaimana pengungsian bisa terjadi serta bagaimana kebijakan ketiga negara dalam memahami isu-isu pengungsi serta pelarian yang terjadi di dalam negaranya masing-masing. Acara kuliah umum ditutup dengan adanya penyerahan cinderamata dan kenang-kenangan oleh Kepala Laboratorium Pertahanan dan Keamanan UPN “Veteran” Yogyakarta, Ibu Ratnawati, S.Sos, M.Si., serta dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta Kuliah Umum dengan Professor Dr. Zarina Othman.





6 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page