top of page
  • Writer's pictureKSM Defensia UPN Veteran Yogyakarta

Ambassadorial Lectures KSM Defensia

Updated: Feb 19, 2020


Yogyakarta (6/11/2019) – telah dilaksanakan Kuliah Duta Besar atau Ambassadorial Lecture yang merupakan salah satu satu program kerja dari KSM Defensia yang di laksanakan di Ruang Seminar FISIP UPN Veteran Yogyakarta. KSM Defensia merupakan Kelompok Studi Mahasiswa yang berdiri di bawah naungan dari Laboratorium Pertahanan dan Keamanan jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dalam Kuliah dari Duta Besar kali ini, tema yang diangkat adalah kajian mengenai kerjasama serta tantangan dari hubungan bilateral Indonesia dengan Federasi Rusia yang telah berusia 70 tahun dan menghadirkan Duta Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia, H.E. Lyudmila Georgievna Vorobieva. Kuliah Duta Besar ini dibuka dengan sambutan langsung dari Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Ir. Suharsono, M.T, serta tari Ratoh Jaroe oleh Komunitas Tari HI UPN Veteran Yogyakarta sebagai ucapan selamat datang kepada Duta Besar Federasi Rusia.

Kuliah Duta Besar dihadiri oleh Pejabat serta Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN Veteran Yogyakarta, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional se-kota Yogyakarta bahkan terdapat satu Mahasiswa dari Universitas Mataram Lombok dan para tamu undangan dari berbagai elemen yang ada di dalam Himpunan Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional (HIMAHI) UPN “Veteran” Yogyakarta.

Selama dua setengah jam, terhitung sejak pukul 08.30 hingga 11.00 WIB, kuliah Duta Besar Lyudmila Vorobieva diawali dengan fakta-fakta unik dan sejarah hubungan bilateral kedua negara sejak masa pra-kemerdekaan hingga saat ini, kemudian dilanjutkan dengan tantangan serta harapan pemerintah Federasi Rusia dengan Indonesia di masa depan. Kuliah diakhiri dengan sesi Tanya Jawab yang mendapatkan atensi yang meriah dari para peserta maupun dosen yang saling berlomba untuk memberikan pertanyaan kepada Her Excellency Lyudmila Vorobieva.

Acara Kuliah Duta Besar ditutup dengan adanya penyerahan cinderamata dan kenang-kenangan oleh Dekan FISIP UPN Veteran Yogyakarta, Dr. Machya Astuti Dewi, M.SI, Ketua Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Drs. Muharjono, M.SI., Kepala Laboratorium Pertahanan dan Keamanan UPN “Veteran” Yogyakarta, Ibu Ratnawati, S.Sos, M.Si., serta KSM Defensia yang diwakilkan oleh Wahid Galang Dewantoro dan dilanjutkan dengan foto bersama dengan Her Excellency Lyudmila Vorobieva.



28 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page