top of page
  • Writer's pictureKSM Defensia UPN Veteran Yogyakarta

DAMPAK COVID-19 TERHADAP ANGGARAN PERTAHANAN KOREA SELATAN

Updated: Aug 14, 2021

Oleh : Nofra Sella


Keamanan jika dilihat dalam pendekatan tradisional diartikan sebagai keamanan suatu negara dari ancaman kekuatan militer negara lain, dan negara tersebut harus mampu mempertahankan negaranya melalui kekuatan militer negaranya sendiri, artinya dalam hal ini negara merupakan aktor utama dalam mempertahankan dan menjaga keamanan negara. Isu-isu keamanan tradisional yaitu mengenai pertahanan suatu negara, seperti perang, militer, dan termasuk anggaran pertahanan dari suatu negara. Anggaran pertahanan setiap negara berbeda, tergantung kepentingan dan prioritas keamanan nasional, ketersediaan sumber daya, serta kemampuan pembiayaan negara.


Korea Selatan merupakan salah satu negara yang terkena dampak dari penyebaran COVID-19. Dampak yang dirasakan hampir di semua aspek kehidupan, baik dari segi ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan, termasuk aspek militer atau pertahanan. Dalam aspek pertahanan, COVID-19 ini mengakibatkan Korea Selatan melakukan revisi terhadap anggaran pertahanan negara tahun 2020. Hal ini dikarenakan adanya penurunan ekonomi yang cukup signifikan di Korea Selatan. Dirilis oleh Kementerian Ekonomi dan Keuangan pada bulan April, produksi industri turun 3,5% sejak Februari seperti halnya konsumsi domestik turun sebanyak 6,4% pada kuartal pertama 2020. Pandemi telah memberikan tekanan pada perekonomian Korea Selatan dan menyebabkan PDB turun sebesar 1,4% sejauh ini. Oleh karena itu pemerintah melakukan pemotongan anggaran pertahanan untuk membiayai bantuan darurat COVID-19 Selain itu, langkah tersebut diambil untuk mengurangi dampak ekonomi dan mensubsidi bisnis di Korea Selatan. Adanya langkah tersebut menjadikan Korea Selatan sebagai negara pertama di dunia yang secara resmi mengurangi anggaran pengeluaran militer karena dampak pandemi.


Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan oleh Kementerian Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan, akibat COVID-19 anggaran pertahanan yang dipotong adalah sebanyak ₩904,7 miliar (Won Korea Selatan), dimana ₩192,7 miliar akan diambil dari biaya operasional militer dan ₩712 miliar dari dana pengadaan senjata. Revisi anggaran pertahanan menunjukkan penurunan 1,8% dari anggaran awal sebanyak ₩50,15 triliun menjadi ₩49,25 triliun. Pemotongan anggaran pertahanan tersebut akan berdampak pada turunnya skala operasi militer dan penundaan dalam upaya modernisasi. Selain itu, Kementerian Pertahanan Korea Selatan juga menyampaikan bahwa akan ada penundaan pembayaran selama satu tahun untuk beberapa peralatan militer seperti pesawat tempur Lockheed Martin F-35 Lightning II dan Sistem Tempur Lockheed Martin Aegis, namun dalam pengenalan atau penyebaran peralatan militer yang sudah tersedia tidak ada penundaan.


Pemotongan anggaran walaupun memberikan kekhawatiran terabaikannya prioritas pertahanan negara, namun hal tersebut merupakan langkah yang tepat dilakukan Korea Selatan. Hal ini mengingat pemerintah bersama Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan dan perusahaan pertahanan telah membentuk strategi baru yaitu kerjasama kontrak dan peluncuran proyek baru yang akan membantu menstabilkan kembali pertahanan Korea Selatan.

Referensi


Mutimer, David. 1999. Beyond Strategy: Critical Thinking and the New Security Studies, dalam Contemporary Security and Strategy. Craig A Snyder (ed). (London: Macmillan Press Ltd).


Army Technology. 2020. South Korea cuts defence budget to fund Covid-19 measures. Diakses dari: https://www.ar my-technology.com/comment/south-korea-defense-budget-covid-19 pada 26 April 2020.


Kementerian Pertahanan. 2016. Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 08 Tahun 2012 Tentang Kaji Ulang Strategi Pertahanan (Strategic Defence Review) 2011. Diakses dari: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&c ad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwifgaLMiIXpAhVOeysKHThcCzIQFjAGegQIBhAB&url=https%3A%2F%2Fwww.kemhan.go.id%2Fppid%2Fwp-content%2Fuploads%2Fsites%2F2%2F2016%2F10%2FPermenhan-Nomor-8-Tahun-2012-Lampiran.pdf&usg=AOvVaw3id6qm-xISysylykBiIWCT pada 26 April 2020.


Grevatt, Jon. 2020. Covid-19: South Korea cuts defence budget in response to pandemic. Diakses dari: https://www.janes.com/article/95556/covid-19-south-korea-cuts-defence-budget-in-re sponse-to-pandemic pada 26 April 2020.


16 views0 comments

Comments


bottom of page